PAKET HEMAT!!! :

TIPS MERANCANG KITCHEN SET


Apa yang membuat dapur lebih menawan? Tak lain dan tak bukan adalah keberadaan kitchen set-nya. Sebuah ruang dapur tanpa kitchen set bagaikan sayur tanpa garam, apalagi bagi dapur-dapur modern yang banyak berkembang saat ini.
Kitchen set lahir dari kebutuhan akan adanya fasilitas yang memadai untuk ruang dapur, mulai dari fasilitas penyimpanan, fasilitas pencucian, hingga fasilitas kerja. Fasilitas penyimpanan terwujud dalam lemari kabinet dan kulkas, fasilitas cuci terwadahi dalam kitchen sink, sedangkan fasilitas kerja terakomodasi melalui table top (meja kerja), kompor, dan microwave.
Penggunaan kitchen set akan membuat ruang dapur terlihat lebih rapi. Selain itu kitchen set juga bisa didesign semenarik mungkin sehingga ruang dapur terlihat lebih menawan.

Dalam postingan kali ini saya akan berbagi mengenai tips merancang kitchen set.
  • Sesuaikan dimensi/ukuran lemari kabinet (tempat penyimpanan) dengan jenis dan jumlah peralatan atau logistik yang akan disimpan sehingga fungsi lemari kabinet sebagai tempat penyimpanan lebih optimal.

  • Ketahui fungsi dari masing-masing perabot dapur yang akan digunakan dan manfaat setiap sudut-sudut sisa di ruang dapur secara maksimal.

  • Perhatikan secara cermat dimensi tempat untuk perletakan kompor karena kompor merupakan bagian paling utama di dapur.

  • Gunakan ukuran kompor yang akan dipasang sebagai patokan dalam penentuan ukuran lainnya.

  • Pastikan laci-laci pada kabinet, baik kabinet atas maupun kabinet bawah, bergerak sempurna dan selalu lancar.

  • Perhatikan tiga faktor saat memilih material, yaitu kekuatan, keawetan, dan ergonomis.

  • Berikan jarak antara kabinet yang terpasang secara horizontal dibagian atas minimal 30-40 cm. Hal ini terutama ditujukan untuk dapur satu garis lurus (singel line). Jarak yang terbentuk akan membuat bidang dinding lebih luas/lega. Jarak pemisah antar kabinet ini bisa diisi dengan rak atau ambalan.

  • Pastikan celah yang membatasi ambalan atau rak kabinet atas dengan kulkas tidak terlalu rendah . Jarak minimal yang ideal adalah 10 cm. Hal ini akan memudahkan membersihkan debu yang menempel pada celah tadi.

  • Tempatkan stop kotak di sekitar area table top (meja kerja). Tinggi stpo kontak 20 cm dari meja. Jarak ini kan memudahkan saat bekerja dengan perbot yang menggunakan listrik. Sebaiknya pilih stop kontak berpenutup agar lebih aman dari percikan air dan jangkauan anak-anak.
Demikian Tips merancang kitchen set dari saya. Semoga postingan ini bermanfaat bagi para pembaca.

Untuk informasi lebih lanjut, Hubungi kami.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dian Interior Design - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger